Bersorak-soraklah Seluruh Dunia.

Johannes 16 ayat 16-20:                                                                         Nast ini dikotbahkan pada hari minngu tgl. 15 Mei 2011 minggu yang dinamai  Jubilate bersorak sorailah bagi Allah , hai seluruh Bumi. Nama minggu  Jubilate bersumber dari Mazmur 66 ayat 1. Mazmur 66 ayat 1  ini adalah pujipujian dari Ummat Allah setelah Bait Allah selesai dibangun pada saat sesudah kembali dari Pembuangan. Bahasa Ibrani untuk bersorak sorai  dalam nast ini ialah: “HARIU” asal  katanya adalah  “RU”. Artinya tempik Sorak. Mula-mula kata ini dipergunakan oleh Militer yang diiringi oleh Nafiri atau sangkakala sebelum berangkat kemedan tempur. Dengan maksud supaya tumbuh semangat untuk berjuang. Bandingkan dengan I Samuel 4 ayat 5; Yosua 6 ayat 5-20 ;Yesayas 15 ayat 4; Yesayas 42 ayat 13. Dikemudian hari kata “RU” dipergunakan lagi dalam suatu iringan yang bertekad untuk melawan musuh Umpamanya di buku Mazmur 41 ayat 12..  Demikianlah dulu istilah “RU” dipergunakan yaitu: Dengan tempik Sorak Sorai akan melahirkan semangat juang untuk berperang atau melawan musuh.  Tetapi pada tahun ke L (50)  atau tahun Sabbat dirayakanlah tahun itu menjadi perayaan Jubilium. Istilah Jubilium didalam bahasa Ibrani disebut ” YOVEL” artinya: Domba Jantan. Mengapa dihubungkan istilah Yovel atau domba njantan dalam arti Jubilium ? Sebab pada waktu perayaan tahun Sabat ke 50, dimeriahkan dengan iringan soara terompet.  Sedang terompet itu dibuat dari tanduk Domba jantan. Peristiwa yang terjadi dikalangan bangsa Israel dalam perayaan Sabbat atau tahun ke 50 itu ialah: Suatu hari kegembiraan dan penuh suka cita dikalangan bangsa Israel sebagai Ummat Allah. Pada tahun ke 50 atau tahun Sabbat itu adalah  suatu keharusan yang dilakukan mereka ialah supaya seluruh Hak milik itu kembali kepada sipemilik. Yang diharuskan kembali kepada si pemilik ialah: Tanah. Jadi setiap perayaan tahun Sabbat ke 50 mereka bertempiksorak dengan iringan terompet karena semua tanah harus dikembalikan kepada si Pemilik. Mengapa harus dihubungkan dengan tanah ?Sebab tanah adalah milik Allah yang menciptakannya dan tidak ada yang dibawa manusia sejak dijadikan. Kemudian  dikalangan masyarakat Jahudi sering terjadi  masalah penggadaian tanah. Jadi setiap tanah yang digadaikan harus dikembalikan oleh si Penggadai kepada pemilik tanah. Selain itu juga, orang-orang yang diperbudak karena dia tidak mampu membayar utangnya dia harus diperbudak. Jadi pada waktu tahun ke 50 atau tahun Sabbat harus dibebaskan mereka. Inilah yang mengakibatkan mereka bersorak sorai, bergembira atau berjubilate.

Didalam Nast ini kita dihimbau untuk berjubilate atau bersorak sorai dengan gembira. (Johannes 16 ayat 16-20 ). Pada permulaan nast Kotbah ini yang tertulis di ayat 16-18: Tinggal sesaat saja………………. : Perlu kita mengetahui ada dua bahagian Saat atau kita sebut jaman Yaitu: Jaman Sekarang dan Jaman yang akan datang.Atau jaman Present dan Future. Demikian juga pada bahasa Ibrani waktu terdiri dari dua bahagian Jaman sekarang dan jaman yang akan datang. Tetapi secara umum atau secara internasional  selalu kita bicarakan: Jaman yang lalu (Pasten) dan Jaman Sekarang Precent dan Jaman yang akan datang (Future). Sesuai dengan kepercayaan orang Jahudi diantara jaman sekarang dan jaman yang akan datang terjadilah hari Tuhan. Gambarannya seperti berikut:  Jaman Sekarang < HARI TUHAN >   Jaman yang akan datang. Menurut ajaran Orang Jahudi: hari Tuhan itu adalah suatu hari yang sangat mengerikan. Keadaan yang mengerikan itu kita baca didalam Jesayas 13 ayat 9: Sungguh hari Tuhan datang dengan kebengisan, dengan gemas dan dengan murka yang menyala-nyala, untuk membuat bumi menjadi sunyi sepi, dan untuk memusnahkan dari padanya orang-orang yang berdosa. Menurut 2 Petrus 3 ayat 10: Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada diatasnya akan hilang lenyap.  Dari Nast-nast tersebut Tuhan Jesus mengucapkan pernyataanNya kepada murid-muridnya: Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi; dan tinggal sesaat pula dan kamu akan melihat Aku. Para murid Tuhan Jesus tidak mengerti dan tidak memahami tentang pernyataan tersebut. Terjadilah masalah akibat pernyataan itu diantara para Murid Tuhan Jesus. Tetapi Tuhan Jesus selaku Guru dan juga sebagai pimpinan diantara para Murid-muridnya mengetahui masalah yang terjadi dikalangan murid-muridNya. Sebelum mkereka datang kepada Gurunya atau pimpinannya sudah diketahuiNya apa yang terjadi dikalangan MuridNya itu.

Ayat 19-20: Tuhan Jesus menjelaskan tentang yang menjadi masalah diantara MuridNya akibat dari Pernyataan itu, sehingga Dia memberikan penjelasan kepada Murid-muridNya: Sesungguhnya kamu Akan menangis dan meratap tetapi dunia akan bergembira; Kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Jadi Saat atau jaman yang akan datang itu dukacita akan berubah menjadi Suka cita. Kalau kita membedakan Dulu hari Tuhan itu adalah suatu jaman yang dahsyat,  Jaman yang mengerikan, unsur-unsur dunia akan runtuh, manusia yang berdosa akan dimusnahkan. Tetapi Tuhan Jesus mengatakan, Saat itu kamu akan menangis dan meratap dan berdukacita, tetapi akan berubah menjadi Sukacita.  Didalam Wahyu 21, 4 dikatakan: Ia akan menghapus air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi, tidak akan ada lagi perkabungan, ratap tangis, atau duka cita,  sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu. Itulah Jubilate, kita bersorak sorai karena pada hari Tuhan akan berobah hari dukacita menjadi hari sukacita. Mari kita nikmati Allah itu adalah baik. A m i n. Tuhan Jesus memberkati saudara.

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s