Yohannes 20 ayat 1 – 10 Paskah Pertama

Pendahuluan: Nast yang tertulis didalam Yohannes 20 ayat 1-10 adalah untuk kotbah di Gereja HKBP pada tgl. 24 April 2011. Pada hari itulah hari Perayaan Kebangkitan Tuhan Yesus dari Kematian. Hari kebangkitan Tuhan Jesus itulah yang menjadi Hari Paskah bagi Umat Kristen. Paskah berasal dari bahasa Ibrani yaitu: PESAKH  dan didalam bahasa Yunani disebut: PASCHA. Arti nya didalam bahasa Indonesia adalah melewati, atau melampaui.

Latar belakang Paskah ini kita baca didalam buku Exodus atau buku Keluaran Pasal 12. Ketika bangsa Israel masih diperbudak bangsa Mesir, Tuhan Allah Abraham, Isak dan Yakub, melawat umatnya yang sedang dalam penindasan, perhamban Raja Firaun datanglah Tuhan Allah untuk membebaskan bangsa Israel supaya keluar dari Mesir untuk kembali ke tanah Kanaan. Tetapi Raja Firaun tidak memberi ijin untuk keluar. Oleh sebab itu dipesankan oleh Allah melalui Nabi Musa, supaya setiap keluarga Israel memotong seekor domba setiap rumah keluarga. Darah Domba itu dibubuhkan kesetiap pintu rumah mereka. Sedang daging dan lemak domba itu dimakan oleh keluarga seisi rumah mereka.. Pada waktu tengah malam turunlah Allah melawatnya, dan pada saat itu seluruh anak sulung bangsa Mesir terbunuh sedangkan rumah bangsa Israel dilewati atau dilampaui hukuman itu. Tetapi setiap rumah bangsa Mesir saat itu menjadi ratapan tangis dan lautan air mata. karena seluruh anak sulung bangsa Mesir mati terbunuh pada malam itu. Tetapi rumah bangsa Israel tidak ada gangguan apa-apa. Sekarang hubungannya dengan kebangkita Tuhan Jesus ialah: Bahwa kebangkita Tuhan Jesus dari kematian dosa manusia, kematian dan Kuasa Iblis telah ditaklukkan oleh kebangkitan Tuhan Jesus. Melalui kebangkita Tuhan Jesus manusia mempunyai pengharapan yang baru, Dimana kuasa dosa, kuasa Maut atau kematian serta Kuasa Iblis telah dikalahkan oleh Tuhan Jesus dan hukuman sudah berlalu dan tidak datang lagi bagi yang percaya akan kebangkitan Tuhan Jesus.                                                        Ayat 1-10: Bila kita telusuri Nast ini secara serius, maka kita membaca tentang manusia yang berperan pada waktu kebangkitan Tuhan Jesus. Yaitu:

1. Maria Magdalena

2.Yohannes

3. Petrus.

ad. 1. Maria Magdalena: Lukkas 8 ayat 2: Menceritrakan, bahwa dari Maria Magdalena telah diusir oleh Tuhan Jesus tujuh roh jahat.

Markus 16, 9: Kepada Maria Magdalena pertama kali diperlihatkan kebangkitan Tuhan Jesus.

Maria Magdalena tetap setia kepada Tuhan Jesus, mulai dari Galilea sampai ke atas bukit Golgata disana Tuhan Jesus mati disalibkan, dan didalam nast ini Maria Magdalena tampil lagi walaupun pagipagi dalam keadaan Gelap pergi kekuburan Tuhan Jesus. Sesampai dikuburan, Maria Magdalena melihat kuburan Tuhan Jesus sudah terbuka dan Jenazah Tuhan Jesus tidak ada didalam. Maria Magdalena terkejut melihat kuburan apalagi Jenazah Tuhan Jesus tidak ada lagi didalam kuburan itu. Analisa dipikiran si Maria Madalena berkesimpulan,  jenazah Tuhan Jesus hilang diambil oleh Pencuri akhirnya dengan cepat Maria Magdalena berlari-lari menemui si Petrus. Mengapa si Petrus, karena dia adalah murid pemberani dan cepat bertindak dan lagi Petrus adalah murid yang tertua dari murid yang 12 itu. Kesimpulan analisa yang ada didalam pikirannya itu diberitahukan kepada si Petrus, bahwa Jenazah Tuhan Jesus telah dicuri orang.

Yang perlu kita telaah dari tindakan si Maria Magdalena ini ialah: Kesetiaan si Maria Magdalena mengikuti Tuhan Jesus dari Galilea sampai ke Kayu Salib dan sampai kekuburan Tuhan Jesus pagi-pagi buta.

Laporannya kepada Murid-murid Tuhan Jesus bahwa Jenazah Tuhan Jesus dicuri orang adalah tanpa fakta yang rationil. Mengapa terjadi demikian dari si Maria Magdalena ? Maria Magdalena adalah seorang keibuan. Dari segi Psichologi Maria Magdalena tidak mengedepankan Rationya atau logikanya, tetapi dia mengedepankan perasaan, rasa iba, , kesedihan, ketakutan, berarti imannya tidak tahan menghadapinya. Jadi bisa juga orang yang setia kepada Tuhan Jesus kesimpulan yang muncul didalam dirinya sering tanpa fakta rationil karena selalu mengedepankan segi subyektib dan tidak obyektip. Sekarang hidup yang seperti inilah yang harus diperbaharui oleh perayaan Paskah sekarang ini.

2. Yohannes: Yohannes 19, 26. Yohannes selalu dimasukkan kedalam kelompok Murid Tuhan Jesus yang dikasihi. Dialah yang menulis Buku Yohannes, dan I-II Yohannes dan juga  buku Wahyu. Matius 4, 21-22: Yohannes adalah murid yang dipanggil oleh Tuhan Yesus pada waktu pemanggilan yang kedua kali. Sebelum dipanggil dia bekertja sebagai Nelayan didanau Galilea. Yohannes adalah juga murid yang setia mengikuti Tuhan Jesus sampai ke Pengadilan, dan terakhir sampai dia berdiri dibawah Salib bersama Maria ibu Yesus. Yohannes adalah juga kelompok murid Tuhan Yesus yang sering lebih dekat kepada Tuhan Jesus dan juga sering dibawa Tuhan Jesus bersama Petrus Yakobus dan Yohannes juga keatas Gunung menampakkan kemuliaannya. Didalam Nast ini Yohannes duluan sampai kekuburan daripada si Petrus. Yohannes mengamati dengan teliti, kuburan sudah terbuka, Kain peluh yang dulu diikatkan kepada kepala Tuhan Jesus sudah terletak ditempat yang lain dan tergulung, sedangkan kain kapan terletak diatas tanah. Setelah Yohannes memperhatikan letaknya kain peluh dan kain kapan maka dia percaya.  Kalau kita telaah tentang si Yohannes, dia tidak terburu-buru mengambil kesimpulan, tetapi dia perhatikan keadaan kain pelu dan kain kapan sudah tergulung maka berdasarkan fakta itu Yohannes percaya. Artinya dia tidak terpengaruh akan emosi atau perasaan, atau dia tidak menganalisa secara subyektip melainkan dengan obyektip. Yohannes mengedepankan Rationilnya, mengapa kain itu tergulung atau tidak ikut hilang, mengapa kain itu teletak  didalam kuburan, mengapa tidak dibuang ketempat yang lain. Rupanya orang yang percaya itu tidak mudah dipengaruhi perasaannya, tetapi dia memanfaatkan logikanya. yaitu (APA, MENGAPA, BAGAIMANA)

3. Petrus: Simon Petrus adalah murid yang pertama dipanggil oleh Tuhan Jesus dan latar belakang hidupnya adalah seorang Nelayan. Simon Petrus adalah termasuk murid yang tertua, Simon Petrus selalu cepat bertindak atau mengadakan reaksi dan kadang-kadang rekasinya sering tanpa pikir duluan. Dihadapan Tuhan Jesus dia mengucapkan pernyataan bahwa dia akan tetap mengikuti Tuhan Jesus. Tetapi tidak berapa lama, setelah Tuhan Jesus berada diruang Pengadilan, seorang perempuan penjaga pintu gerbang, menyapa Petrus, bahwa dia sering bersama Jesus orang Nazaret. Jawab Petrus, bahwa dia tidak mengenal Tuhan Jesus. Tetapi Simon Petrus mengingat pesan Tuhan Jesus bahwa dia akan menyangkal Tuhan Jesus, akhirnya dia menyesal dan pergi keluar serta menangis. Tetapi pagi-pagi pergi kekuburan setelah mendengar laporan si Magdalean, dia belakangan sampai dan Yohannes duluan. Kali ini Perus terlambat pada hal waktu bersama-swama murid yang lain dia selalu bertindak cepat. Mengapa demikian si Petrus ? Sebenarnya ketika dia diperhadapkan dengan pesan Tuhan Jesus yang akan menyangkal Jesus dan dia menyesal dan menagis pergi keluar. Sebenarnya dalam hal in Petrus sudah berada pada depressi mental. keadaan yang demikian itu bisa juga membuat maanusia lambat berpikir, lambat bertindak. Jadi kepercayaannya itu sudah diselubungi oleh situasi masalah yang dihadapinya seperti depressi mental tadi. Tetapi Tuhan Jesus tidak membiarkan manusia yang seperti itu, itulah sebabnya didalam Markus 16, 7 Lukkas 24, 34, 1 Korint 15, 5 Tuhan Jesus mengunjungi Petrus dan menguatkan Iman Petrus. Disinilah diperkenalkannya kepada kita bahwa  ALLAH ITU SANGAT BAIK

Sekarang hari Paskah kebangkitan Tuhan Jesus, marilah kita camkan, kita renungkan hidup Maria Magdalena dan Yohannes serta Petrus pada hari kebangkitan Jesus dan kita hayatilah kebangkitan Tuhan Jesus yang membawa pengharapan yang baru bagi kita. A m i n. Tuhan Yesus memberkati Anda.

 

 

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s