BERILAH KEADILAN KEPADAKU (judika)

Kejadian 22 ayat 1 – 13

Nast yang tertulis diatas adalah kotbah pada hari minggu tanggal 10 April 2011 dan dinamai Judika. Istilah Judika dikutip dari Mazmur 43 ayat 1; Arti Judika ini sebenarnya dari bahasa latin yaitu: Judicum. Bahasa ini adalah bahasa Hukum yaitu masalah keadilan. Tetapi istilah ini berhubungan dengan tentang penderitaan Tuhan Jesus. Oleh sebab itu minggu ini membawa kita kepada keadilan dari dari Allah. Dimana keadilan dan bagaimanakah Allah memberi keadilan kepada kita ? Allah memberi keadilan keada kita dengan atau melalui penderitaan Tuhan Jesus. Lain dengan keadilan di Pengadilan di Dunia ini. Kalau orang yang melanggar Hukum harus dihukum, dan kemudian di Penjarakan.

Tetapi Keadilan Tuhan Allah tidak seperti dunia ini. Walaupun kesalahan kita sudah bherat, doswa kita tidak dibebankan kepada kita, melainkan dibebankanNya kepada Penderitaan Tuhan Jesus. Demikianlah Tuhan Tuhan Allah memberikan keadilan kepada kita, dan itulah yang digambarkan Nast ini Kejadian 22 ayat 1-13 ini.

Tafsiran:

1-3: Allah mencoba Abraham: Ambil Anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia disana sebagai korban bakaran.

Percobaan yang ditujukan Allah kepada Abraham ialah: Anaknya nyang tunggal, yang dikasihinya, akan dipersembahkan menjadi korban bakaran kepada Allah. Menurut Imamaat 1,1-17: Korban bakaran itu adalah untuk penebusan dosa dan juga untuk perdamaian. Caranya, Persembahan yang  dibakar dengan api dan kemudian dikuliti, dan bahagian lemaknya diambil, maksudnya lemak adalah usus, bahagian hatinya, dan badan yang dibakar itu dipotong-potong. Sedangkan darahnya dipercikkannya kesekeliling mezbah.. Korban bakaran yang demikian selalu dibuat bagi orang yang tidak  mengenal Tuhan. Saya baca di dalam buku Pdt Dr Andar Lumbantobing Alm deidalam bukunya Borngin Nabadia. Beliau menulis latar belakang lambang natal Pohon Cemara.

Beliau menceritakan, pada waktu iti Daerah Jerman berada dalam kegelapan. Pada waktu acara ritual orang yang belum mengenal Tuhan , mereka mempersembahkan seorang anak kepada Dewa yang berdiam dibawah pohon Cemara dan ditempat itu dinyalakan api. ereka hendak mempersembahkan anak itu kepada dewa dan kedalam api itu. Tetapi anak itu tidak jadi dipersembahkan karena pada saat itu Pdt Boni Factius berdoa dan Pohon cemara itu tumbang akibat angin puting beliung.

Sekarang perintah nkepada Abraham itu adalah untuk mencoba Iman Abraham. Apakah Allah yang mengajukan percobaan tidak lebih dahulu, mempertimbangkan Hak Azasi Manusia, Peri Kemanusiaan, keprihatinan ? Selama Hidup Abraham banyak percobaan yang dialami, ditengah jalan belum sampai ke tanah yang ditunjukkan oleh Allah, banyak percobaan yang dialami antara lain: Dia diperintahkan untuk meninggalkan bsanak saudaranya keluar dari tanah leluhurnya, Dia selalu berdoa kepada Tuhan supaya dianugerahkan anak baginya. Tetapi lama benar diyunggutunggu baru dianugerahkan anaknya Ishak itu. tetapi suatu percobaan yang berat, anak yang dikasihinya, tumpuan harapan akan melanjutklan ngenerasinya akan ndipersembahkan menadi korban bakaran. Pada halal Isak adalah hasil pengharaopannya, kebahagiaannya, itulah yang harus dipersembahkan kepada Tuhan. Bderarti Iasaki bukan satusatunya tumpuan harapan kebahagiaan Abraham, nkarena Isak itu adalah karunia Tuhan. Jadi dapat dikatakan, buah harapan, tumpuan kebahagiaanmu, harus dipersembnahkan kepada Tuhan. Apakah kita mau ? inilah Judika itu Tuhan melalui penderitaan Tuhan nJesus akan mengadili kita.

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s