23-1-2011

Matius 2 : 1-12

Pendahuluan: Minggu ini disebut II Minggu sesudah Epiphaneas. Artinya Pernyataan atau kita katakanlah: Memperkenalkan diri. Allah menyatakan diriNya atau memperkenalkan dirinya supaya dikenal dunia ini. Pada tgl. 8 Januru 2011 didalam Mateus 4 ayat 12-17: Jesus memperkenalkan dirinya ke Kapernaum atau tempat Orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

Pada tanggal. 16 Januari 2011 didalam Johannes 1 ayat 43-51, Tuhan Jesus memperkenalkan dirinya kepada Filippus dan Natanael.

Sekarang nast ini menceriterakan, Kehadiran Allah didalam diri Tuhan Jesus Didalam Matius 2,1-12 adalah untuk melihat sikap dan watak Manusia untuk menerima Jesus. Kita perhatikan bagaimana sikap tokoh-tokoh manusia ini dihadapan Tuhan yaitu:

  1. Orang Majus
  2. Raja Herodes
  3. Imam dan Ahli Taurat

Ad. 1. Orang Majus:

Orang Majus yang tertulis didalam Matius 2,1didalam bahasa batak disebut Prroha sian Purba.berarti dari Sebelah Timur Judea. Mereka dari Persia disebut parhapistaran atau oarang yang pintar. Orang Majus datang hendak melihat Raja yang baru lahir dan ketika itu menjadi Raja adalah Herodes.

Pendapat tentang orang Majus yaitu:

Herodotus memakai Istilah orang Majus dan katanya Orang Majus ini mempunyai jabatan Imam di Kerajaan Persia.Juga Penulis Kuno menyebut Majus itu adalah jabatan Imam. Buku Nabi Daniel Orang Majus disebut juga orang-orang bijak dan mereka juga adalah Ahli Nujum.

Sebagai orang bijak dan ahli Nujum, tugasnya termasuk menafsir mimpi Raja yang tidak dimengerti oleh Raja dan juga memperjelas pesan-pesan para dewa. (Baca Buku Daniel 1,20; 2,27; 5,15.)

Buku Perjanjian Baru menceriterakan, sering orang itu mepraktekkan ilmu sihir, Baca buku: Kissah Rasul 8,9; 13,6-8. Pendapat buku Daniel dan Herodotus tersebut dipergunakan Matius didalam Pasal 2 ayat 1-12 pada Nast ini.

Sebagai orang Pintar, Orang Bijak dan Ahli Nujum dan sebagai Imam di Negara mereka di Persia itulah yang melihat bintang ajaib dan menanyakan kepada Raja Herodes sebagai Pemerintah di Judea. Berarti mereka bukan orang liar melainkan tau Hukum. Itulah sebabnya mereka menemui Raja Herodes. Menurut orang Majus ini, bila muncul bintang ajaib seperti yang dilihat mereka berarti itu adalah pertanda lahir seorang Raja.

Bila kita lanjutkan membahas orang Majus didalam Nast ini, mereka menemui tempatnya berbaring Bayi yang lahir itu adalah atas tuntunan Allah dengan bintang yang selalu bersinar diatas mereka. Mereka menemui Bayi itu, dan menyembahnya
serta mempersembahkan Emas, Kemenyaan dan Mur. Setelah mereka menyembah, selanjutnya mereka pulang. Pada saat mereka pulang dan rupanya mereka tidur ditengah jalan datanglah pesan dan pengarahan Tuhan Allah didalam mimpi mereka, supaya mereka pulang terus dan tidak usah menemui si Herodes lagi.

Apa yang kita telaah dan kita renungkan dari Sikap orang majus ini ?

  • Orang Majus bertemu dengan bayi itu karena tuntunan Tuhan melalui bintangnya.
  • Tuhan juga mempergunakan unsur-unsur alam ini untuk memperlihatkan tanda kekuasaannya; Orang Majus tunduk dan menyembah bayi Jesus itu.
  • Mereka mempersembahkan Emas, Kemenyaan, dan mur berarti yang dipersembahkan itu adalah barang barang yang berharga. Adalah sebagai pertanda bagi mereka menghormati Jesus sebagai Raja.
  • Mereka menuruti pengarahan Tuhan supaya tidak pergi lagi kepada Raja Herodes.

Ad. 2. Herodes

Pada jaman Herodes Tuhan Jesus lahir di Betlehem. Siapakah itu Raja Herodes ? Herodes sebenarnya adalah anak dari Antipater seorang sangat berpengaruh dikalangan Orang Yahudi.
Dia diangkat menjadi orang yahudi karena dia adalah orang berwibawa dan banyak membuat bangunan ditengah-tengah bangsa Yahudi. Karena Antipater dilihat oleh Julius Kaesar dari Romawi orang yang berwibawa dan berpengaruh dikalangan orang Yahudi diangkatlah dia sebagai orang memimpin pemerintahan di kalangan orang Yahudi.
Antipater memperkokoh pemerintahannya dan menjadi suatu dynasti. Diwariskannyalah kepada Herodes pimpinan Militernya di Galilea.

Herodes berhasil membunuh lawan politiknya dan memimpin perang saudara di Galilea, maka pada saat itu berkat jasa Antonius dari Romawi menyarankan kepada Kaesar supaya Herodes dinobatkan menjadi Raja Orang Jahudi.

Sejak Herodes menjadi Raja, dia sangat setia kepada Kaesar Romawi dan seluruh pembangunan di Judea bertujuan untuk kehormatan Kaesar dan kesetiannya kepada Kaesar.
Tetapi namun Herodes mengadakan pembangunan Bait suci di Jerusalem, orang Jahudi tidak percaya kepaya Herodes walaupun dia sudah diangkat menjadi orang Yahudi. Orang Yahudi melihat semua karyanya dikalangan Jahudi adalah untuk mengambil perhatian orang jahudi, tetapi dari cara-caranya mereka memperhatikan bahwa tidak lupa dia sebagai orang Edom.

Kita tahu orang Edom itu adalah keturunan Esau yaitu Saudara Yakub. Kita tahu keturunan Yakub adalah bangsa Israel (Orang Yahudi).
Mungkin muncul atau terwarisi masalah Nenek moyangnya, Yakub dan Esau. Hal ini katanya, sudah pernah terjadi pembunuhan yang dilakukan Herodes kepada orang Jahudi di Jerusalem.

Didalam diri Herodes ini tersirat otak kotor yaitu selalu mencurigai orang lain.
Terbukti katanya, dia mengusir isterinya dan mengawini adik iparnya karena dianggap sebagai gangguan akan jabatannya. Anaknya pun dibunuhnya karena dia curiga menghalangi kekuasaannya. Johannes Pembabtispun dicurigainya sampai Johannes terbunuh.

Didalam masa kekuasaannya, Bayi Jesuspun direncanakan untuk dibunuhnya mungkin takut menjadi rivalnya pada waktu pemilihan Raja kalah dia Nanti dan akhirnya bayi yang berumur 2 tahun kebawah dibunuhnya di Betlehem.

Satu lagi kita telusuri perilaku Herodes: Kepada orang Majus itu Herodes berpesan (Matius 2,8) pergilah kamu, kalau sudah kalian temui beritahu supaya saya ikut menyembah dia. Katakanlah dia memperlihatkan dia baik padahal didalam hatinya berencana membunuh Jesus. Oleh sebab itu didalam diri Herodes jelas kejahatan yang terselubung didalam kebaikannya.

Ad. 3. Imam dan Ahli taurat:

Imam adalah perwakilan Allah di Bait Allah. Imam adalah mediator antara manusia dengan Allah. Orang Yahudi mempersembahkan persembahan kepada Tuhan Allah harus melalui Imam. Ahli Taurat adalah orang yang sangat ahli dibidang Taurat Musa. Mereka mendidik orang yahudi untuk melakukan dan mematuhi Hukum Taurat.

Jadi mereka para Imam dan Ahli Taurat inilah yang dipanggil Raja Herodes untuk menjelaskan dimana Raja yang baru lahir itu. Mereka membacakan Alkitab mereka di Mika 5,1: Dari Betlehem akan datang Raja orang Yahudi.

Kalau kita renungkan para Iam dan Ahli Taurat itu tidak heran atas berita dari Orang Majus itu. Mereka hanya tinggal memperjelas tetapi mereka tidak ikut mencari.
Banyak orang mengetahui Alkitab (Theolog) itu adalah sebagai Ilmu tetpai tindakan atau aksi yang nyata tidak ada. Seperti rambu lalulintas dipersimpangan gambar tangan menunjuk suatu tempat tetapi karena itu hanya gambar tangan tidak ada tindakan nyata. Atau ibarat Agen motor hanya menunjukkan motor yang ditompangi orang tetapi dia tinggal di pangkalan dan tidak ikut dia.

Sekarang marilah kita renungkan ketiga tokoh yang tersebut diatas, Majus, Herodes dan Imam/Ahli Taurat.

Bila Tuhan Jesus bertanya: Termasuk tokoh yang manakah kamu sekarang di jaman ini ?
Terima kasih Tuhan karena Tuhan memberikan firmannya kepada kita.

ALLAH ITU SUNGGUH BAIK KARENA DISURUHNYA JESUS MEMBERIKAN CERMIN UNTUK WATAK KITA.

TUHAN JESUS MEMBERKATI SAUDARA .A M I N

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Khotbah Mingguan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s