12-1-2011

Mateus 4:17

Nast Matius 4 ayt 17: Sejak waktu itulah Jesus memberitakan: “Bertobatlah, sebab kerajaan Sorga sudah dekat !”
Kotbah Tuhan Jesus ini disampaikan di Kapernaum ditengah-tengah masyarakat yang belum mengenal Tuhan Allah Pencipta Alam dan isinya. Inilah inti dari Kotbahnya: Bertobatlah sebab kerajaan Sorga sudah dekat.
Kerajaan Sorga, adalah juga Kerajaan Allah. Kerajaan Allah bukalnah masalah makanan, minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera, dan suka cita oleh Roh Kudus (Roma 14,17). Jadi inti kerajaan Allah bukan seperti kerajaan dunia ini, melainkan masalah Kebenaran, damai sejahtera, dan suka cita.
Kebenaran itu bukanlah seperti keadilan dunia ini. Keadilan Dunia adalah masalah logika atau akal manusia. Itulah yang sering terjadi. Kalau tidak dapat diterima akal, hati dan perasaan adalah tidak Adil. Bila tidak sesuai dengan logika manusia maka itu bukan Adil. Itulah sebabnya terjadi di Pengadilan keputusan, karena tidak sesuai dengan logika, perasaan dan hati maka dia banding dan kasasi.
Di Era maju dan modern ini, manusia selalu susah mencari keadilan, Damai, dan suka cita.
Didunia ini Keadilan bisa dibeli dengan uang. Sering terdengar keluhan orang
Kasi Uang habis Perkara.
Sekarang ini, Kalau kita merenungkan, bahwa terjadi POLITIK, EKONOMI, HUKUM, DAN iLMU PENGETAHUAN. Tetapi yang terdepan adalah Politik dan orang mengatakan, POLITIK adalah Panglima. Atau kita kata kanlah, sebenarnya POLITIK itu selain membicarakan Negara, juga tercantum didalamnya Kekuasaan.
Sekarang ini keadilan sering dicampuri Plitik, Pendidikan sering dimasuki Politik, Olah raga sering dicampuri Politik.

Inti dari Kerajaan Allah:

  1. Bertobatlah karena karena Kerajaan Sorga ( Allah) sudah dekat.
  2. Bertobat didalam bahasa Junani disebut METANOIA ,di dalam bahasa Ibrani disamakan dengan istilah Chub. Artinya berpaling atau berbalik. Ibarat Bumimerang yang dibidikkan akan kembali kepada tempat semula.

Demikianlah bertobat itu, berbaliklah karena kerajaan sorga sudah dekat. Kalau selama hidupmu jauh dari Tuhan Allah, sekarang Kembalilah Kepada Allah karena kerajaanNya sudah dekat. Didalam kerajaan Allah itu kita temui kebenaran dan keadilan, Damai sejahtera, dan suka cita dan kebahagiaan.
Dunia ini adalah arena persaingan, sudah kita jumpai falsafah Darwin, orang yang lemah akan ditelan oleh orang yang kuat. Barang siapa yang tidak ulet maka dia akan terbenam.
Tetapi Kerajaan Allah selalu berpihak kepada yang lemah.Sekarang Allah itu baik, Dia datang untuk melindungi orang yang lemah dan memberikan kebahagian dan ketentraman jiwa. Jangan takut datanglah kepada Allah. Itulah yang diwartakan Tuhan Jesus didalah kotbahnya. Bertobatlah. A m i n.

Tuhan Jesus memberkati anda.

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Khotbah Mingguan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s