9-1-2011

Mateus 4: 12-17

Pendahuluan

Minggu ini dinamai EPIPHANEAS. Artinya, Pernyataan! Berbeda dengan Apokalupcis. Kalau bahasa batak Epiphaneas artinya hapapatar dan Apokalupcis wahyu dan disebut pangungkapon. Kalau Wahyu atau pangungkapon, berarti ada yang menutupi sehingga tidak dapat dilihat itulah sebabnya disebut pangungkapon dari asal kata Ungkap artinya membuka. Sedangkan Epiphaneas dari bahasa Junani Phanerun artinya diperkenalkannya dirinya supaya dikenal orang. Kalau manusia dijadikan Allah menurut gambar dan rupanya. Tetapi karena manusia jatuh kedalam dosa maka *IMAGODEI atau gambar Allah tidak ada lagi didalam diri manusia. Allah memperkenalkan dirinya kepada Adam dan Hawa melalui angin (Alogo), kemudian kepada Raja Solomo dan kepada Yusuf melalui mimpi dan kepada Zakaria dan Maria , dan Gembala melalui Malaekat
Karena manusia sudah dikelilingi oleh dosa, sehingga manusia tidak dapat lagi melihat Allah.
Jadi supaya manusia mengenal Allah,maka dia datang menjadi manusia. Caranya baca Yohannes 1 ayat 1 pada mulanya adalah Firman dan firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Kemudian baca lagi Yohannes 1 ayat 14: Firman itu menjadi manusia Dialah Jesus. Dialah Allah. Dia menjadi manusia untuk menyelamatkan manusia. Selama Dia berdaging manusia, Dia bersama-sama dengan manusia, Dia bersama-sama makan dengan manusia. Dengan singkat kita katakan Allah menjadi manusia supaya bersahabat dengan manusia atau dekat dan akrab dengan manusia. Demikianlah Epiphaneas itu.
Sekarang bagaimana Allah yang menjadi manusia itu memperkenalkan dirinya supaya dikenal oleh manusia ? Pertanyaan tersebut dijawab oleh Nast kita sekarang.
Tafsiran:Ayat 12-13 setelah Jesus mendengar Yohannes sudah ditangkap oleh Raja Herodes alasan nya ditangkap karena Yohannes menegor atau mengkritik Raja Herodes karena isterinya diusir dan kemudian kawin lagi dengan iparnya. Jadi karena kotbahnya yang mengkritik Raja Herodes dia ditangkap dan dipenjarakan. Kata penafsir Yahya(Yohannes) Pembabtis ini dimasukkan kedalam penjara dibawah tanah. Mendengar kejadian itu Tuhan Jesus menyingkir ke Daerah Galilea dan berdiam di Kapernaum. Yang menjadi Pertanyaan kenapa Jesus menyingkir ? Apakah Dia takut ditangkap seperti Jahya Pembabtis yang ditangkap itu ? Mengapa Dia ke Galilea (Kapearnaum) mengapa Dia meninggalkan Nazaret ? Mengapa dia tidak ke Jerusalem atau ke Bait Allah di Jerusalem? Banyak sebenarnya pertanyaan didalam peristiwa ini. Tetapi Matius telah menjawab pertanyaan tersebut yaitu:
Dikutib oleh Matius Kitab Nabi Yesaya 8. Daerah dimana manusia atau bangsa yang penuh ke Gelapan. Disini si Matius tidak memberikan cerita yang ilmiah karena dia bukan Professor atau dia bukan Doktor Thelogia yang tammat dari Jerman atau dari Sekolah Tinggi Theologia.Dia dulu bekas pegawai pajak dari tempat kerjanya ditinggalkannya untuk mengikut Jesus.
Demikianlah Matius menyampaikan injil itu bahwa kedatangan Tuhan Jesus kedunia ini adalah untuk menggenapi Nubuat para Nabi-nabi. Jadi Matius tidak memisahkan Perjanjian Lama dengan Perjanjian Baru. Artinya Perjanjian Baru ini adalah sebagai jawaban atau merealisasikan apa yang dikumandangkan para Nabi-nabi. Begitulah Tuhan Jesus manyatakan dirinya supaya bdikenaal manusia didunia ini.
Ayat 17: Tuhan Jesus memperkenalkan Kerajaan Allah. Sehingga dia Berkotbah: Bertobatlah karena kerajaan Allah sudah dekat. Kerjaan Allah adalah kekuasaan Allah. Tidak ada kekuasaan diatas kekuasaan Allah.
Karena kekuasaan Allah sudah dekat maka manusia diperintahkan supaya bertobat. Artinya,kalau dulu manusia di Kapernaum hidup dengan cara kegelapan, sekarang berbaliklah kedalam terang yaitu kepada Jesus sebagai Terang Dunia.

Renungan
Di Negara ini orang dikenal karena kekuasaannya. Sekarang manusia ingin supaya terkenal, ingin supaya kaya raya caranya memper taruhkan nyawanya,misalnya main tinju,main bola.
Tetapi Jesus lahir bukan di Jerusalem, melainkan di Nazaret. Dari tempat yang kecil, di kandang domba pula. Artinya, Dia berusaha untuk membawa manusia dari ke Gelapan ke dalam terang. Oleh sebab itu kita diajak supaya kita bertobat artinya keluarlah dari ke Gelapan kedalam terang.

Jesuslah terang dunia. Berbaliklah dan hidup didalam Jesus. Amin.
Allah itu Baik. Semoga Tuhan Jesus mmemberkati anda !

Tentang pdtpsirait

Pendeta emeritus di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
Pos ini dipublikasikan di Khotbah Mingguan. Tandai permalink.

2 Balasan ke 9-1-2011

  1. Jandes Saragih berkata:

    Sangat baik dan sangat bermanfaat sebagai panduan dalam kotbah saya di Sekolah Minggu GKPS Simalingkar Medan. Terimakasih untuk Bapak Pendeta, Puji Tuhan, tetap semangat melayani kami yang muda.

    • pdtpsirait berkata:

      Saudara Saragih ! Terima kasih atas perhatian anda terhadap tulisan yang ada di Blog kita. Semoga Tuhan memberkati tugas anda sebagai pelayan untuk anak-anak Tuhan. Selama ini Absen Blog kita, hal itu karena sering terjadi gangguan di situs Internet kita. Saya harapkan bantuan doa anda supaya nanti bisa kita lanjutkan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s